CARREFOUR #JAKARTAREPOSEPROJECT



           Carrefour adalah hypermart terbesar di Indonesia dan sudah sangat menguasai pasar disini. Tadinya ia adalah multinational company, tetapi setelah dibeli oleh Chairul Tanjung, sekarang ia 100% milik Indonesia.
            Kali ini saya berkesempatan untuk datang ke Carrefour cabang Lebak Bulus dan melakukan wawancara dengan store manager disana. Alasan Carrefour memilih membuka letak Lebak Bulus sebagai tempat pusatnya adalah karena lokasi ini dapat dikatakan sangat strategis. Walaupun berada di pinggir kota, tetapi tempat ini terus berkembang. Konsuman berasal dari kawasan Pondok Indah, kawasan Kebayoran, kawasan Kemang yang merupakan daerah dengan GDP tertinggi selalu menjadikan Carrefour sebagai tempat pilihan untuk berbelanja.
            Mengenai jam buka Carrefour adalah setiap hari dari pukul 09:00 – pukul 23:00. Namun beberapa bulan terakhir ini, Carrefour mulai buka lebih pagi yaitu sekitar pukul 07:00. Walaupun tidak formal, hal ini dilakukan karena banyaknya permintaan dari customer. Atraksi yang ada disini cukup banyak dari tenant pendukung seperti mainan anak-anak, restoran, café, lalu adanya home delivery, perpanjangan garansi, dan replacement guarantee.
            Di Carrefour terdapat banyak variasi harga, dari yang paling murah hingga mahal, brand-brand dan produk-produk yang variatif. Di Carrefour dapat dikatakan hypermart yang cukup lengkap untuk kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
            Pengunjung yang ditargetkan untuk datang adalah orang-orang terdekat di areanya (Lebak Bulus, Ciputat, Kemang, Pondok Indah, Bintaro), pembei perempuan, rata-rata pembeli datang berempat (ayah, ibu, dan anak), hari teramai adalah Hari Minggu di awal dan akhir bulan, dan usia 30-35 tahun. Dan Carrefour pun memiliki teori mengenai konsumen, “Teori obat nyamuk, kita berusaha memberikan.. menservice konsumen kita yang terdekat baru nanti paling jauh paling jauh paling jauh.. karena nanti yang terdekat akan menjadi regular customer. Akan balik-balik lagi. Kalo yang jauh kan biasanya cuma sekali dua kali aja”
Rahman, Store Manager Carrefour.
            Carrefour menawarkan kenyamanan kepada konsumennya, “Untuk fasilitas secara umum, ya kita ada parkir yang luas, nyaman.. itu merupakan salah satu kelebihan. Rata-rata orang ditanya kenapa belanja di Carrefour Lebak Bulus ya.. Pertama barangnya lengkap, terus kualitas barangnya bagus, dan parkirnya nyaman.. Ga susah”, ungkap Store Manager Carrefour.
            Hal yang ingin ditingkatkan di Carrefour adalah bioskop dan tempat bermain anak-anak karena dengan adanya kedua fasilitas tersebut, diharapkan dapat meningkatkan peluang dan pendatang yang merupakan anak-anak muda, remaja, dan keluarga. Lalu queuing, kelengkapan barang, avaibility staff dan hostpitality, “Mengenai queuing dan check out. Antrian kasir. Jadi kita caranya, perbanyak kasir dan speed kasir. Karena Carrefour tokonya rame, jadi salah satu yang menjadi keluhan customer ya queuing. Tapi kita udah ada rule sekarang ada guide line biru, kalo diliat disitu yah.. ditambah kasirnya, speednya, sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Biasanya mengeluh mengenai kelengkapan barang, jadi ekspektasi sangat tinggi ya. Jadi banyak barang, semuanya harus ada ya.. Harus lengkap ya tapi tidak keinginan customer. Ketiga mengenai avaibility stuff dan hospitality, kita kan hypermarket disetiap tempat harus ada orang kan susah, tapi kita selalu usaha setiap lorong harus ada orang”, ujar Pak Rahman jujur. Dan yang terakhir adalah penambahan cabang Carrefour, “Nambah cabang.. Carrefour akan membuat strategi.. Market semakin tersegmentasi, oleh karena itu Carrefour akan membuat format store tergantung segmentasinya. Jadi nanti bisa saja mini market tergantung segmentasinya, supermarket premium.. dan sebagainya”, ungkap Beliau semangat.
            Dari pengunjung yang saya wawancara, Carrefour memberi pelayanan yang sangat nyaman dan memudahkan untuknya,  “Disini parkir sangat gampang! Praktisnya disini parkir gratis. Biasanya kalau di Lippo Mall dulunya saya pernah belanja disana, pertama kali parkir dikenain baru masuk Rp5000. Jadi ibu-ibu istilahnya gamau belanja lagi seperti itu, disini walopun belanjaan juga naik lalu misalnya kalo beli susu misalnya tidak hanya 1, sekaligus 12 biji nanti sampai langsung kerumah untuk bikin susu, susunya basi… bisa langsung dikembalikan yang penting struk gak hilang”, kemudian ia berujar lagi, “Satu.. Itu easy. Gampang. Jadi di Carrefour ini tempatnya juga strategis itu satu. Lalu nomor 2, parkir tidak bayar. Nomor 3 jadi itu udah tau dimana posisinya, jadi dia tidak pindah lokasi tempatnya. Terkecuali mau domba, daging domba tidak ada tapi daging kambing ada. Jadi saya harus nyari ke Giant atau Hero”, ungkap Bu Eka selaku ibu rumah tangga dengan antusias menceritakan pengalamannya di Carrefour.
            Kekurangan dari Carrefour itu sendiri menurut salah satu pengunjungnya adalah dari segi harga, “Harganya naik-naik terus ahahaha tiap bulan ada aja yang naik”, ujar Nurdiyanti, 38 tahun, ibu rumah tangga.
            Hal yang perlu ditingkatkan dari Carrefour menurut Ibu Eka adalah adanya ketidakseragaman di setiap cabang Carrefour contohnya dari segi trolley, “Sangat menyenangkan walopun misalnya naik-naik terus naik-naik, tapi saya juga senang.. menyenangkan itu betul! Karena apa? 1. Trolley nya bagus, tapi kalo di Carrefour blok m trolley no, tidak bagus kalo didorong dia belok-belok. Tapi kalo disini, trolley bagus. Itu yang menyenangkan gitu, kalo mau masuk kesini, tidak ibu saja ‘ayo cari trolley yang baru yang mana?’ karena kalo di dorong itu bagus seperti itu… “ , ujar Ibu Eka.
Hasil yang didapat dari wawancara dengan management Carrefour dan kedua konsumen yang penulis rasa dapat mewakili pandangan dari para pengunjung adalah adanya kecocokan jawaban antara kedua sisinya. Target market dan fasilitas yang disediakan oleh Carrefour sudah cukup membuat para pengunjungnya puas dan ingin kembali datang kesana karena experience yang diberikan oleh Carrefour itu sendiri. Dan hasil wawancara penulis dengan pihak management pun sangat cocok dengan jawaban-jawaban yang dilontarkan oleh pengunjung. Hal ini adalah hal yang sangat baik untuk kemajuan dari Carrefour itu sendiri, untuk peningkatannya sales-nya.
Rahman, Store Manager Carrefour




Nurdiyanti/38 tahun/Ibu rumah tangga & Eka/62 tahun/ Ibu Rumah Tangga


0 comments:

Post a Comment