Celebrity Fitness adalah rantai fitness terbesar di
Indonesia dan Malaysia. Tempat ini menawarkan konsep gaya hidup yang unik,
perpaduan pusat kebugaran dengan atmosfer hiburan; memastikan latihan yang
berenergi tinggi, memotivasi dan menghibur.
Di area fitness terdapat ruang
kelas tambahan, ruang ganti pakaian, kamar
mandi, dan health bar. Serta
disana menjual aneka macam makanan dan minuman sehat yang dapat dikonsumsi oleh
para anggota baik sebelum atau setelah berolahraga. Disana pun terbagi menjadi
4 ruangan, ruangan kardio, RPM, kelas tambahan (yoga, aerobic, dan seterusnya).
Promosi yang dilakukan oleh Celebrity Fitness
adalah media sosial, yaitu Facebook dan Twitter, lalu dengan memberikan promo
diskon atau hadiah bagi pendaftar baru atau anggota yang sudah lama bergabung
di Celebrity Fitness, dan yang terakhir adalah papan reklame. Tipe konsumen
yang diharapkan oleh pihak Celebrity Fitness adalah Pria dan wanita diatas 12
tahun, semua kalangan, olahragawan maupun non-olahragawan seperti eksekutif,
ibu rumah tangga dan lainnya.
Untuk Celebrity Fitness cabang Kemang, opening time-nya tidak ada perbedaan dari Hari Senin hingga Hari
Minggu yaitu pukul 06:00-pukul 23:00. Biaya admin Rp199,000(Join first visit, gratis admin), lalu
biaya bulanan Rp425,000. Tetapi untuk pelajar dan jika berumur dibawah 21 tahun
dikenakan biaya lebih murah yaitu Rp385,000. Tidak ada perbedaan biaya
pendaftaran untuk menjadi member. Di
semua cabang Celebrity Fitness, biaya pendaftaran yang dipatok saa untuk
seluruh cabang.
Saya berkesempatan untuk mewawancara
team leader dari Celebrity Fitness cabang Kemang. Menurut Pak Ali Nurdin Hamzah
selaku team leader di Celebrity Fitness cabang Kemang, strategi untuk me-retain
konsumen adalah melalui servis, "Biasanya konsumen tuh mengeluh tentang..
ya itu service kita yang kurang ramah, fasilitas kita yang masih.. untuk di
Kemang ini masih kurang karena memang tidak ada tempat lagi untuk buat tempat
untuk sauna dan steam”, ungkapnya. Dan Celebrity Fitness sendiri, menawarkan
pengalaman olahraga yang menyenangkan namun efektif. Oleh karena itu, Celebrity
Fitness diperlengkapi dengan berbagai alat bantu, musik yang menyenangkan dan
pencahayaan yang dapat menjadi 'mood booster'.
Saya
pun berkesempatan untuk mewawancara dua pengunjung di Celebrity Fitness.
Menurut Dito, kelebihan dari Celebrity Fitness adalah jumlah cabangnya yang
banyak sehingga memudahkannya untuk mencapainya, “Kalau saya kan sekarang nih
di Kemang, cuman kan saya kebetulan kuliah di Depok. Di Depok pun ada Celebrity
Fitness, jadi kalo misalnya… ke Cinere juga ada. Jadi tinggal milih aja, kalo
ke Kemang macet ya saya ke Depok aja. Kalo ke Depok lagi susah parkir atau
misalnya lagi ga enak aja ya ke Kemang. Banyak pilihan… Untuk dari rumah saya
aja, ada 3 Celebrity Fitness yang deket. Jadi tinggal pilih mau kemana, itulah
kenapa saya pilih Celebrity Fitness. Ada dimana-mana di sekeliling kita”, ujar
Dito. Kelebihan lainnya adalah dari segi harga dan fasilitas, “Dengan harga
segitu, fasilitasnya juga oke ya terus orangnya juga ramah-ramah. Mungkin… kalo
menurut saya sih Celfit itu tempatnya ya.. bagus, bersih, luas, dan
alat-alatnya itu banyak dan variasi”, ungkap Endi dengan antusiasnya.
Untuk kekurangannya adalah karena
adanya ketidakseragaman dari masing-masing cabang Celebrity Fitness.
“Kekurangannya mungkin ya… ada beberapa Celfit yang seandainya… Celfit Pondok
Indah bentuknya berbeda dengan Celfit Bintaro, mulai dari loker-lokernya…
fasilitasnya gitu”, ujar Endi.
Ada dua hal menurut kedua informan
saya harus ditingkatkan, yaitu dengan adanya keseragaman di setiap cabangnya,
“Paling kalo misalnya khusus di Cinere, mungkin sabunnya suka gada… biasanya
masalahnya di tempat pemandiannya masih ada fasilitas yang kurang. Untuk di
Cinere ya.. Di Celebrity Fitness itu di Pondok Indah Mall, di Kemang, atau di
Depok itu beda-beda pemandiannya, sistem lokernya jadi belom di seragamin..
Jadi ada kekurangan ada kelebihan”, ungkap Dito. Lalu untuk orang marketing
harus menepati penawaran yang diberikannya, "Dan kadang orang marketing
penawarannya suka tidak ditepati, “Oke daftar disini dapat tas dapat lanyard
sama ID ya mas.. Tapi kenyataannya cuman dapat tas sama ID, gadapat lanyard.”,
ujar Endi ketus.
Jadi berdasarkan hasil yang didapatkan saya, ekspektasi dari
konsumen dengan management di
Celebrity Fitness cocok. Karena memang dari sisi Celebrity Fitness ingin
membuat para konsumennya merasa memiliki tempat fitness sendiri, melalui adanya cabang-cabang yang tersebar
dimana-mana. Dan ternyata benar, dari segi pandang konsumen pun sangat
dipermudah untuk mencapai Celebrity Fitness dengan adanya cabang yang memang
berada dimana-mana. Tetapi mungkin memang lebih baik ditingkatkan lagi dari
segi keseragaman fasilitas di masing-masing Celebrity Fitness dan peningkatan
di segi pelayanan.
Ali Nurdin Hamzah, 33
Tahun, Team Leader
Dito,
21 Tahun, Mahasiswa
Endi,
20 Tahun, Karyawan
0 comments:
Post a Comment