CELEBRITY FITNESS #JAKARTAREPOSEPROJECT




Celebrity Fitness adalah rantai fitness terbesar di Indonesia dan Malaysia. Tempat ini menawarkan konsep gaya hidup yang unik, perpaduan pusat kebugaran dengan atmosfer hiburan; memastikan latihan yang berenergi tinggi, memotivasi dan menghibur.
Di area fitness terdapat ruang kelas tambahan, ruang ganti pakaian, kamar  mandi, dan health bar. Serta disana menjual aneka macam makanan dan minuman sehat yang dapat dikonsumsi oleh para anggota baik sebelum atau setelah berolahraga. Disana pun terbagi menjadi 4 ruangan, ruangan kardio, RPM, kelas tambahan (yoga, aerobic, dan seterusnya).
          Promosi yang dilakukan oleh Celebrity Fitness adalah media sosial, yaitu Facebook dan Twitter, lalu dengan memberikan promo diskon atau hadiah bagi pendaftar baru atau anggota yang sudah lama bergabung di Celebrity Fitness, dan yang terakhir adalah papan reklame. Tipe konsumen yang diharapkan oleh pihak Celebrity Fitness adalah Pria dan wanita diatas 12 tahun, semua kalangan, olahragawan maupun non-olahragawan seperti eksekutif, ibu rumah tangga dan lainnya.
         Untuk Celebrity Fitness cabang Kemang, opening time-nya tidak ada perbedaan dari Hari Senin hingga Hari Minggu yaitu pukul 06:00-pukul 23:00. Biaya admin Rp199,000(Join first visit, gratis admin), lalu biaya bulanan Rp425,000. Tetapi untuk pelajar dan jika berumur dibawah 21 tahun dikenakan biaya lebih murah yaitu Rp385,000. Tidak ada perbedaan biaya pendaftaran untuk menjadi member. Di semua cabang Celebrity Fitness, biaya pendaftaran yang dipatok saa untuk seluruh cabang.
            Saya berkesempatan untuk mewawancara team leader dari Celebrity Fitness cabang Kemang. Menurut Pak Ali Nurdin Hamzah selaku team leader di Celebrity Fitness cabang Kemang, strategi untuk me-retain konsumen adalah melalui servis, "Biasanya konsumen tuh mengeluh tentang.. ya itu service kita yang kurang ramah, fasilitas kita yang masih.. untuk di Kemang ini masih kurang karena memang tidak ada tempat lagi untuk buat tempat untuk sauna dan steam”, ungkapnya. Dan Celebrity Fitness sendiri, menawarkan pengalaman olahraga yang menyenangkan namun efektif. Oleh karena itu, Celebrity Fitness diperlengkapi dengan berbagai alat bantu, musik yang menyenangkan dan pencahayaan yang dapat menjadi 'mood booster'.
            Saya pun berkesempatan untuk mewawancara dua pengunjung di Celebrity Fitness. Menurut Dito, kelebihan dari Celebrity Fitness adalah jumlah cabangnya yang banyak sehingga memudahkannya untuk mencapainya, “Kalau saya kan sekarang nih di Kemang, cuman kan saya kebetulan kuliah di Depok. Di Depok pun ada Celebrity Fitness, jadi kalo misalnya… ke Cinere juga ada. Jadi tinggal milih aja, kalo ke Kemang macet ya saya ke Depok aja. Kalo ke Depok lagi susah parkir atau misalnya lagi ga enak aja ya ke Kemang. Banyak pilihan… Untuk dari rumah saya aja, ada 3 Celebrity Fitness yang deket. Jadi tinggal pilih mau kemana, itulah kenapa saya pilih Celebrity Fitness. Ada dimana-mana di sekeliling kita”, ujar Dito. Kelebihan lainnya adalah dari segi harga dan fasilitas, “Dengan harga segitu, fasilitasnya juga oke ya terus orangnya juga ramah-ramah. Mungkin… kalo menurut saya sih Celfit itu tempatnya ya.. bagus, bersih, luas, dan alat-alatnya itu banyak dan variasi”, ungkap Endi dengan antusiasnya.
            Untuk kekurangannya adalah karena adanya ketidakseragaman dari masing-masing cabang Celebrity Fitness. “Kekurangannya mungkin ya… ada beberapa Celfit yang seandainya… Celfit Pondok Indah bentuknya berbeda dengan Celfit Bintaro, mulai dari loker-lokernya… fasilitasnya gitu”, ujar Endi.
            Ada dua hal menurut kedua informan saya harus ditingkatkan, yaitu dengan adanya keseragaman di setiap cabangnya, “Paling kalo misalnya khusus di Cinere, mungkin sabunnya suka gada… biasanya masalahnya di tempat pemandiannya masih ada fasilitas yang kurang. Untuk di Cinere ya.. Di Celebrity Fitness itu di Pondok Indah Mall, di Kemang, atau di Depok itu beda-beda pemandiannya, sistem lokernya jadi belom di seragamin.. Jadi ada kekurangan ada kelebihan”, ungkap Dito. Lalu untuk orang marketing harus menepati penawaran yang diberikannya, "Dan kadang orang marketing penawarannya suka tidak ditepati, “Oke daftar disini dapat tas dapat lanyard sama ID ya mas.. Tapi kenyataannya cuman dapat tas sama ID, gadapat lanyard.”, ujar Endi ketus.
Jadi berdasarkan hasil yang didapatkan saya, ekspektasi dari konsumen dengan management di Celebrity Fitness cocok. Karena memang dari sisi Celebrity Fitness ingin membuat para konsumennya merasa memiliki tempat fitness sendiri, melalui adanya cabang-cabang yang tersebar dimana-mana. Dan ternyata benar, dari segi pandang konsumen pun sangat dipermudah untuk mencapai Celebrity Fitness dengan adanya cabang yang memang berada dimana-mana. Tetapi mungkin memang lebih baik ditingkatkan lagi dari segi keseragaman fasilitas di masing-masing Celebrity Fitness dan peningkatan di segi pelayanan.


Ali Nurdin Hamzah, 33 Tahun, Team Leader






Dito, 21 Tahun, Mahasiswa

Endi, 20 Tahun, Karyawan 



0 comments:

Post a Comment